Karnaval Sepeda Hias

Posted on Feb 11, 2011
Karnaval Sepeda Hias

Kegiatan Sepeda Hias, yang diadakan pada hari Jum’at (11/2/2011) oleh seluruh siswa kls 1 Rabbit- Penguin  sebagai  program edutainment yang memadukan pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan Karnaval, diikuti oleh sekitar 50 siswa dan didampingi 7 guru, diantaranya, Ustadah Yuli, Nova, Indri, Siti, Sutiyah, Ustad Iir, Hanif dan Ustad Achung, dengan menempuh rute dari sekolah – ke Jl. Tembok Dukuh V puter di Jl. Tembok Dukuh III dan tembus Jl. Tembok Dukuh X, selanjutnya kembali ke sekolah.

Berangkat dari sekolah sekitar pukul 08.00 setelah ngaji morning, dengan riang, mengenakan baju outbound atau seragam olahraga, anak-anak mengendarai sepedanya sendiri-sendiri, penuh warna-warni, unik dengan aneka asesoris,  seperti pita, kertas warna, balon dan karton bertuliskan pesan moral. Walaupun ada yang tidak membawa, atau belum bisa naik sepeda, tapi tidak menyurutkan semangat siswa untuk turut pawai, keliling kampung, dengan dibonceng atau mengendarai sepeda yang masih ada tambahan rodanya (4 roda).

Bagi mereka yang tidak membawa sepeda, ketika ditanya alasannya, rumahnya jauh dan sepedanya kebesaran. Beda dengan Farrel, yang sempat diolok dua teman ceweknya, ehh .. pake sepeda mini, yang biasa dipakai perempuan. Tapi dengan tegar dan tanpa malu Farrel menjawab, “iya itu memang sepeda kakakku(perempuan) kelas 3 yang sekolah di sd petemon” . Memang hal ini terkadang bagi anak merasa kecil hati, karena tidak bisa membawa sendiri. Melihat situasi ini, Ustadahnya langsung tanggap dan turut memotivasi dan menyenangkan hati mereka, dengan dibonceng ustadah atau temannya, serta dipinjami sepeda saat di foto dengan sepada. Semuanya naik sepeda, tak terkecuali ustad dan ustadahnya.

Menurut Ustadah Indri, Koordinator siswa kelas 1 Penguin, bahwa siswa kali ini melakukan kegiatan puncak, akhir dari tema, yang selama 2 minggu sebelumnya, sudah diberi tugas, materi, dan pengetahuan tentang masing-masing tema, seperti IPA dikenalkan tentang benda bergerak dan tidak bergerak, dan IPS dikenalkan tentang peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, serta Bahasa Indonesia, bab bercerita. Ditambahkan Indri, setelah berkegiatan sepeda ini, siswa akan diberi lembar tugas isian tentang suasanan hati, seputar perjalanan bersepeda, cara menghiasnya dan lain-lain.

Beberapa hari yang lalu, sudah dilakukan tugas menghias topi sebagai salah satu asesoris dalam bersepeda besok, Sahut ustadah Yuli, Koordinator Kelas 1 Rabbit. dan topi tersebut dikenakan sekarang, sangat lucu sekali, seperti topi pasukan perang. Tambah Yuli. Hari ini akan dilakukan penilaian terhadap sepeda terunik, dan diberi bintang reward, bagi mereka yang menghias sepeda dengan bagus, papar Ustadah Yuli.

Yang mencolok, saat sepeda diparkir dihalaman sekolah, usai pawai dan foto-foto-an, adalah sepeda milik Very, yang dirancang menyerupai pesawat tempur bertulis Captain Very. Tampak paling berkesan dekorasinya saat itu, seolah mengendarai sebuah pesawat.  Ada pula sepeda milik Dinda, yang tertulis pesan tentang cinta kasih pada sesama, ” Tebarkan … Cinta Kasih Manusia Mulia”, dan ada yang menyerupai belalang dan sepeda motor vespa atau scoopy. semuanya hampir unik dan menarik.

Dari penuturan beberapa orang tua yang hadir menyaksikan atraksi pawai bersepeda hias putra-putrinya, mengatakan bahwa, anaknya sampai hampir sulit tidur, menunggu hari demi hari acara bersepeda bersama tersebut. Beda dengan Ibu Diah, Bunda dari Ananda Izzul, sampai gopoh dirumah, selalu direngek’i, anaknya untuk belajar naik sepeda. Saat diajari naik sepeda, bersemangat sekali, sampai ketika sepeda dilepas, Izzul tidak sadar bisa mengendarai sepeda sendiri. Dan kagetnya lagi, tambah Bunda Izzul, pada karnaval hari ini, Izzul berani membonceng temannya yang tidak membawa sepeda. walau terkadang miring roboh, beberapa kali, kata Ustadah Tiyah yang sempat mendampingi Izzul. Hal ini ternyata banyak dialami oleh beberapa anak lainnya, yang bisa naik sepeda, karena moment carnaval bersepeda hias hari ini (@).

GALLERY PHOTO :


Leave a Reply